Waspadai Hama penyerang pohon durian montong


Waspadai Hama penyerang pohon durian montong

           Durian montong sudah di kenal mempunyai daging yang enak dan legit serta aroma buah yang menggoda. Durian montong merupakan tanaman asli tropis. Harga buah durian montong pun lebih tinggi dari pada buah durian yang lain. Karena pertimbangan harga ini pula banyak petani membudidayakan pohon durian montong dalam skala kecil maupun besar. Tidak heran jika mereka berburu bibit durian montong.
Seperti budidaya pada umumnya, menanam pohon durian montong pun tidak luput dari serangan hama penyakit yang perlu di waspadai. pencegahan maupun penanganan masalah hama penyerang tanaman pohon durian montong harus segera di lakukan . Serangan hama yang tidak segera diatasi dengan baik akan menurunkan produksi dan kualitas buah.
Beberapa hama yang sering di jumpai pada proses penanaman bibit durian diantaranya adalah :
a)      Pengerek buah
Hama ini bertelur secara priodik saat menjelang musim kemarau. Penanggulangan yang dapat di berikan untuk memberantas hama ini adalah dengan cara menyemprotkan insektisida.
b)      Lebah mini
Hama ini berwarna coklat dengan sayap bergaris putih , tubuh berukuran kecil. Hama ini menyerang daun-daun muda . pada masa menjadi lebah muda akan mengerek batang dan memakan daun-daun muda. Pengendalian hama lebah mini ini dengan cara di semprot pervisida secara berkala.
c)      Kutu loncat
Hama ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena sering sekali menyerang tanaman durian. Ciri kutu loncat adalah serangga berwarna coklat , tubuhnya di selimuti benang lilin-lilin putih hasil sekresi tubuhnya. Serangan yang dilakukan kutu loncat dengan bergerombol menyerang pucuk daun yang masih muda dengan mengisap cairan pada tulang-tulang daun ,
Bibit durian montong akan tumbuh dengan baik apabila pencegahan dan penanganan terhadap serangan hama di lakukan secara tepat pula, maka dari itu pengetahuan dan informasi mengenai budidaya pohon durian montong ini sangat di perlukan. Dengan terus belajar dan mencari informasi akan semakin meningkatkan proteksi terhadap penanganan pohon durian montong.



Comments

Popular Posts