Pemupukan untuk bibit pohon durian montong yang sudah berproduksi


Pemupukan untuk bibit pohon durian montong yang sudah berproduksi
Pada awal penanam bibit durian montong sangat penting dilakukan pemupupukan untuk membantu pertumbuhan, pemupukan untuk pohon durian montong yang sudah berproduksi juga sangat penting. Pada masa ini pemupukan bertujuan untuk merangsang pembentukan buah. juga bertujuan untuk memperbaiki kondisi tanaman pasca berbuah dan mempersiapkan kondisi tanaman agar siap berbuah pada masa yang akan datang.
tanaman bibit durian yang sudah berproduksi dapat diberikan pupuk dengan dosis tertentu. Pemberian pupuk kandang  untuk pohon durian montong yang pertama kali di mulai dari saat penanaman bibit durian, kemudian dapat di ulang selama satu tahun sekali. Waktu pemberian pupuk kandang pada pohon durian montong di usahkan pada akhir musim hujan dan awal musim kemarau. Pemberian pupuk pada pohon durian montong selanjutnya dapat di taburkan di sekeliling tajuk tanam.
Pemupukan ini tidak harus menggunakan pupuk organik saja. Apabila menginginkan pupuk anorganik atau kimia, petani dapat menggunakan pupuk NPK atau campuran antara pupuk urea atau ZA , SP-36, bisa di sesuaikan dengan kondisi kesuburan tanah.  Pemupukan dari tahun pertama ke tahun ke tiga di tujukan fokus untuk pertumbuhan tanaman. Pada masa ini usahakan pilih pupuk NPK yang mempunyai kandungan N tinggi.
Setelah menginjak tahun ke tiga selain untuk pertumbuhan, tujaun pemupukan pada pohon durian montong juga untuk pembuahan. Pada tahun ke tiga ini pemupukan dapat di tambah dengan pupuk rock phosphate (RP) sebanyak 8 ons di setiap tanaman. Untuk merangsang pembungaan pada usia dua tahun, tanaman durian perlu di beri aplikasi pupuk NPK 15-15-15 atau NPK 16-16-16. Dengan dosis 1,5kg/ tanaman.
Selain penerapan pupuk di atas , perlu juga di semprot dengan pupuk daun NPK 30-10-10 di tambah unsur mikro. Interval penyemprotan dapat mengikuti petunjuk dalam kemasan. Kemudian tiga bulan setelah itu berikan pupuk NPK 12-34-12 atau NPK 8-24-24 dengan jumlah 1,5-2 kg / tanaman,  Setelah tiga bulan bunga mekar dan menjadi buah. Setelah itu tanaman di pupuk lagi menggunakan NPK 12-12-7 atau NPK 1-16-12 dengan takaran 1 kg /tanaman.
.


Comments

Popular Posts